Latest Updates

Penyebab terjadinya NGANTUK

Pada dasarnya rasa ngantuk yang lazim di alami oleh seorang manusia merupakan tanda yang di perintahkan otak agar tubuh istirahat. Rasa ngantuk dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya ngantuk bisa terjadi ketika tubuh mengalami kelelahan, ketika tubuh kurang istirahat seperti tidur, ketika kenyang, ketika tubuh kekurangan zat besi (fe).
Kelelahan
Ketika melakukan aktifitas yang berat seperti olah raga, tubuh akan mengalami lonjakan kebutuhan energi yang biasanya berbentuk ATP (Adenosin tri fosfat). Sel-sel di dalam tubuh dapat menghasilkan energi (ATP) dengan cara melakukan proses Respirasi. Ada dua macam respirasi, yaitu repirasi aerob (menggunakan oksigen) dan respirasi anaerob (tidak menggunakan oksigen).
Pada saat tubuh dalam keadaan normal, maka proses pembentukan energi akan bergantung secara respirasi aerob. Akan tetapi jika tubuh dalam kondisi menjalankan aktifitas yang berat kebutuhan energi akan melonjak sehingga menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. pada saat kekurangan oksigen tubuh akan melakukan respirasi anaerob untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut. Pada respirasi anaerob hidrogen bergabung dengan asam piruvat dan asetildehid yang akhirnya membentuk asam laktat. Dalam kondisi tubuh yang banyak mengandung asam laktat dan kondisi kekurangan oksigen, tubuh akan mengirimkan sinyal lelah ke otak dan otak pun kembali merespon agar tubuh istirahat, yaitu di tandai dengan rasa ngantuk.
Kurang Tidur
Kenyang
Kekurangan Zat Besi

0 Response to "Penyebab terjadinya NGANTUK"

Posting Komentar